Rabu, 01 Februari 2017

5 Tips Menjadi Guru Yang Menyenangkan



Guru adalah salah satu dari sekian banyak profesi yang diidamkan setiap orang. Karena banyak anggapan menjadi guru adalah pekerjaan yang ringan karena hanya bekerja pagi hingga siang hari. Apalagi dengan gaji yang cukup menggiurkan. 

Namun fakta dilapangan semua tak semudah yang dibayangkan, seperti ungkapan “urip iki sawang sinawang” artinya hidup itu saling melihat. Melihat orang lain terlihat memiliki kehidupan yang baik, namun belum tentu begitu kenyataannya. 





Menjadi guru tak hanya harus berwawasan luas, akan tetapi juga harus memiliki kecakapan untuk membawa diri selama mengajar. Nah berikut akan kita bahas mengenai 5 tips menjadi guru yangmenyenangkan.
1.      Tersenyum
     Tersenyum menjadi tips nomer 1, kenapa? Karena dengan tersenyum bisa memberi energi positif kepada semua orang. Begitu juga ketika sedang mengajar, saat guru tersenyum siswa ikut menerima energi positif tersebut. Hal tersebut dapat membangkitkan motivasi belajar siswa karena dalam suasana yang baik.
2.      Bertemanlah dengan siswa
     Meski sebagai guru alangkah baiknya jika hubungan antara guru dan siswa di kemas menjadi sebuah pertemanan, buat siswa tidak merasa canggung mencurahkan isi hatinya kepada guru. Anggap siswa sebagai teman, terutama ketika sedang istirahat. Maka siswa akan menyukai gurunya karena dapat menjadi teman yang baik.
3.      Hindari sifat moody
     Guru merupakan pekerjaan yang berinteraksi secara langsung dengan objek hidup yaitu siswa. Jangan sampai siswa menjadi sasaran suasana hati yang buruk akibat masalah pribadi. Karena hal tersebut dapat mempengaruhi cara mengajar guru begitu juga penerimaan siswa terhadap apa yang disampaikan oleh guru. Usahakan menjadi guru yang bisa mengatasi problem suasana hati, sehingga tidak mengganggu kinerja sebagai guru profesional. Sehingga siswa dapat belajar dengan baik.
4.      Marahlah dengan bijaksana
     Marah merupakan sifat alami manusia, akan tetapi manusia yang berkualitas adalah manusia yang dapat menyikapi kemarahannya dengan bijaksana.  seorang guru sangat lekat dengan emosi karena tak hanya satu atau dua siswa yang dihadapi namun puluhan. Karakter siswa juga berbeda beda, ada yang tenang, patuh ada juga yang aktif dan sulit dikendalikan. Tentu saja hal ini dapat menyulut emosi guru, kendalikanlah amarah tersebut dengan wejangan yang santun sehingga dapat memberi contoh yang baik kepada siswa. Bukan dengan kata kasar apalagi kekerasan fisik, sangat tidak dianjurkan! Dijamin siswa akan menyukai tipe guru yang seperti ini.
5.      Bersikap adil
     Seorang guru tidak boleh bersikap diskriminatif kepada siswa. Karena ketika didalam kelas semua siswa adalah sama, tidak ada yang berbeda. Banyak kasus dimana siswa tidak menyukai guru karena seringkali guru mengistimewakan siswa yang pintar atau berprestasi. Namun tidak begitu memperhatikan yang lain. Sungguh disayangkan, fenomena ini akan memberi dampak buruk bagi siswa. Untuk itu belajarlah bersikap adil maka siswa akan menghormati gurunya, karena merasa diperlakukan dengan baik.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : 5 Tips Menjadi Guru Yang Menyenangkan